Ingin memulai usaha?? Yuk, mulai dengan cara mudahnya!


Elin Jaya Karya

Anda pemula di dunia pemasaran? Berharap menghubungi jasa pengetikan? Atau membuka jasa pengetikan? Kecewa karena tidak seorangpun merespon iklan anda? Iklan merupakan hal penting untuk keberlangsungan suatu bisnis. Seperti yang diketahui bahwa iklan adalah promosi atau pengenalan informasi terkait suatu produk, terlebih produk anda termasuk pemula bagi pasar. Bagi pemula merancang iklan untuk memperkenalkan brand kepada konsumen merupakan tantangan besar, terutama di era digital seperti saat ini. Beberapa jenis usaha perlu menarik perhatian pelanggan untuk mendapatkan keuntungan secara optimal. Dibutuhkan langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Sesuaikan dengan media
Anda berencana untuk mengiklankan produk anda? Apakah di koran? Majalah? Laman anda? Mungkin di facebook? Tempat dimana iklan akan dipublikasikan sangat penting untuk ditentukan terlebih dahulu bagi anda yang masih pemula. Dengan mengetahui dimana anda mempublikasikannya akan mempengaruhi cara anda dalam menulis iklan. Ketahui batasan ruang seperti berapa kata yang dibutuhkan, berapa besar ukuran font, apakah bisa digabungkan dengan grafik atau video, dan sebagainya. Anda bisa menghubungi jasa pengetikan jika tidak pandai didalamnya. Apapun jenis iklan yang ditulis, penulisan yang efektif adalah yang selalu berlaku. Jika anda memiliki daerah untuk menulis iklan seluas sebagian atau bahkan satu halaman penuh koran lokal, anda bisa menata tampilan dengan sedemikian rupa agar terlihat bagus dan menarik di mata pembaca. Untuk iklan yang bersifat online, seperti facebook. Anda hanya dapat menulis dengan panjang kira-kira satu kalimat saja. Apapun media yang anda gunakan, pastikan anda menulisnya dengan singkat, padat, dan jelas. Yang perlu digarisbawahi bagi pemula adalah setiap iklan sangat penting artinya. Jangan terlalu basa-basi untuk menulisnya.
b.      Rancang iklan untuk target pasar
Pelanggan seperti apa yang menjadi target anda? Apabila anda masih pemula, hal ini bisa membantu anda mendapatkan hasil yang lebih optimal. Iklan yang baik harus sesuai dengan audiens dan konsumen  mana yang ditargetkan. Harapannya agar semua orang yang membaca dan melihat iklan anda tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan. Gunakan bahasa yang menarik. Penting untuk menulis dengan hati agar meningkatkan kemungkinan orang-orang yang berpotensi bisa menjadi pelanggan setia. Gaya bahasa harus sesuai dengan usia target konsumen. Apabila target pasar adalah anak kecil dan remaja maka gunakan bahasa informal. Namun apabila target pasar adalah orang dewasa maka gunakan bahasa yang baku/formal, tetapi tetap jangan terlalu kaku karena konsumen ingin dirinya merasa diterima dan dipahami. Sebagai contoh sederhana adalah jika anda menjual produk dengan anak muda (remaja) sebagai target pasar anda, katakan saja anda menjual jenis permen baru yang membuat mulut mereka terasa segar dan wangi sehingga mereka tidak akan malu karena bau mulut. Untuk kasus ini anda alternatifkan kalimat-kalimat formal dengan kalimat yang cenderung lebih gaul. Dengan demikian mereka akan merasa bahwa produk anda dibuat untuk mereka sehingga kemungkinan mereka untuk membeli permen tersebut akan meningkat.
c.       Judul/kalimat utama yang menarik
Judul/kalimat utama merupakan syarat penting agar konsumen tertarik untuk tetap memperhatikan. Pikirkan judul yang sangat menarik sehingga orang membaca dan memperhatikannya. Apabila judul tidak jelas dan sulit untuk dipahami, maka konsumen tidak akan mau meluangkan waktu untuk membacanya. Judul yang ditulis bisa menjadi sesuatu yang mengejutkan, aneh dan menarik. Misalnya menulis suatu penawaran atau diskon dalam jasa pengetikan yang sayang untuk dilewatkan. Pastikan judul/kalimat pemula ini dapat membuat sang pembaca antusias dan tertarik untuk membaca atau memperhatikan produk yang anda tawarkan sampai selesai.
d.      Hindari memulai dengan pertanyaan
Jika anda melontarkan pertanyaan yang kreatif dan mengundang antusiasme konsumen, maka lakukanlah. Namun jangan menggunakan kalimat pemula dengan bobot standar seperti “Apakah anda membutuhkan jasa pengetikan cepat?” di bagian kalimat pemulaan. Konsumen telah banyak mendapatkan pertanyaan serupa dan mereka lelah ditanya seperti itu. Ini perlu diperhatikan bagi pemula di dunia pemasaran, temukan cara kreatif untuk memberitahu konsumen bahwa anda mempunyai apa yang mereka butuhkan. Buatlah kalimat yang terdengar alami. Cobalah membuat pemulaan senatural mungkin dan tulislah seolah-olah anda mengatakannya kepada orang lain secara langsung. Konsumen biasanya lebih tertarik dengan gaya bahasa penulisan yang alami. Anda harus menggali kreativitas anda lebih dalam lagi untuk menyampaikan bahwa anda memiliki solusi yang orang-orang butuhkan, tanpa perlu menanyakan pertanyaan yang sudah jelas jawabannya.
e.       Tulis kalimat jembatan agar orang-orang terus membaca
Kalimat utama anda harus diikuti kalimat jembatan (yang menghubungkan judul dengan isi iklan) yang singkat namun mampu meninggalkan kesan produk dan perusahaan anda dalam pikiran pembaca. Setelah anda menuliskan kalimat pemula yang misterius, mengejutkan atau emosional, kalimat tersebut harus diikuti dengan sesuatu yang substantif. jika tidak maka kalimat utama anda hanya akan dianggap sebagai bualan yang tidak bermakna. Bagi pemula yang perlu diingat adalah bahwa setiap kata sangat berarti. Kalimat jembatan yang anda gunakan harus tidak kalah menarik dengan judul atau kalimat utama anda. Jika tidak, maka akan terdapat kemungkinan dimana para pembaca merasa bosan sebelum selesai membaca produk yang anda tawarkan hingga akhir.
f.       Pesan yang difokuskan untuk konsumen
Ini bisa menjadi boomerang bagi pemula yang baru di dunia pemasaran. Dalam artian ketika menulis iklan, bayangkan seolah sedang menulis surat untuk teman lama. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah sebuah pertanyaan “Apa yang harus saya katakan untuk teman-teman saya mengenai jasa pengetikan ini?” atau “Bagaimana meyakinkan teman saya agar memakai jasa pengetikan ini?”. Tidak hanya itu, pesan yang difokuskan bisa juga manfaat produk yang dipasarkan, seperti “Apa manfaat jasa pengetikan ini bagi konsumen?”. Yang perlu diperhatikan adalah konsumen lebih membutuhkan manfaat, keunggulan dan solusi dari produk yang ditawarkan, bukan rincian fungsional produk. Misalkan keunggulan komputer merek terbaru yang cocok digunakan oleh jasa pengetikan terutama bagi pemula yang belum ahli dibidangnya.
g.      Libatkan emosi mereka
Penting digarisbawahi untuk pemula, maksudnya adalah buat orang-orang menginginkan produk anda. Sebelum mempengaruhi konsumen agar membeli produk yang ditawarkan, lebih penting untuk masuk ke dalam emosi mereka. Namun yang perlu diingat adalah meskipun keputusan pembelian mereka didasarkan pada emosi mereka, mereka kemudian juga akan membenarkannya dengan logika. Jadi pastikan untuk membenarkan argumen emosional anda dengan argumen logis di akhir proses penjualan. Kata-kata bernuansa nostalgia bisa memberikan daya tarik tersendiri dan menyentuh hati orang-orang yang membacanya. Misalkan, “Kami menyediakan kopi terbaik untuk anda dengan memasaknya menggunakan arang pilihan, agar aroma khas kopi sejak 1900 tetap melekat”. Selain itu kata-kata yang berhubungan dengan kesehatan orang-orang juga bekerja dengan sangat baik. Misalkan, “Untuk setiap batang rokok yang anda bakar, anda membakar sisa hidup anda, biarkan kami membantu anda memadamkan api tersebut”. Jangan lupa untuk mencatumkan nama perusahaan dan produk atau jasa yang anda di dalam iklan.
h.      Tambahkan bukti testimoni pelanggan
Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen akan lebih tergoda untuk membeli suatu produk ketika melihat testimoni pelanggan yang puas. Dalam periklanan di media elektonik, pastikan untuk menambahkan nama lengkap dan alamat mereka agar lebih dipercaya. Testimoni juga dibuat agar lebih menarik, bagi anda yang masih pemula mengedit penempatan testimoni bisa menghubungi jasa pengetikan. Meskipun bisnis anda masih dalam kategori pemula, untuk bukti testimoni ini tetap perlu dilakukan.
i.        Berikan informasi tentang cara mendapatkan produk yang anda tawarkan
Beritahukan para pembaca tentang apa yang harus mereka lakukan di akhir iklan. Dengan begitu, anda akan mempermudah mereka untuk membeli produk anda atau setidaknya bertanya-tanya terlebih dahulu tentang produk tersebut kepada pihak anda. Biasanya, informasi seperti ini disampaikan secara langsung, misalkan “Bagi anda yang masih pemula, hubungi 1234-5678 untuk informasi lebih lanjut mengenai jasa pengetikan ini”. Anda juga bisa menuliskan laman anda, sehingga orang-orang bisa mengunjunginya untuk membeli produk anda.
Sekarang anda tahu cara menulis iklan. Alasan masih tahap pemula tidaklah dibenarkan. Selamat mencoba!


JASA PENGETIKAN ANDI, 08563301046 (WHATSAPP/SMS)
BUKAN HANYA BISA COD BAHAN KETIK, KITA JUGA BISA BERTUKAR INFORMASI BAHAN MELALUI WHATSAPP/EMAIL SAJA. JADI, BUKAN HALANGAN BUAT KAMU YANG GAK ADA DI LOKASI KAMI. USAHA KAMI BARTER KEPERCAYAAN, KAMU GAK PERCAYA KITA?? BOLEH CARI YANG LAIN......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JASA PENGETIKAN 082257002127

Pengembangan kepribadian -Dua Penyebab Utama Ras Khawatir Pada Manusia-