Ingin memulai usaha?? Yuk, mulai dengan cara mudahnya!
Elin Jaya Karya
Anda
pemula di dunia pemasaran? Berharap menghubungi jasa pengetikan? Atau membuka
jasa pengetikan? Kecewa karena tidak seorangpun merespon iklan anda? Iklan
merupakan hal penting untuk keberlangsungan suatu bisnis. Seperti yang
diketahui bahwa iklan adalah promosi atau pengenalan informasi terkait suatu
produk, terlebih produk anda termasuk pemula bagi pasar. Bagi pemula merancang
iklan untuk memperkenalkan brand
kepada konsumen merupakan tantangan besar, terutama di era digital seperti saat
ini. Beberapa jenis usaha perlu menarik perhatian pelanggan untuk mendapatkan
keuntungan secara optimal. Dibutuhkan langkah-langkah sebagai berikut :
a.
Sesuaikan
dengan media
Anda berencana untuk
mengiklankan produk anda? Apakah di koran? Majalah? Laman anda? Mungkin di facebook?
Tempat dimana iklan akan dipublikasikan sangat penting untuk ditentukan
terlebih dahulu bagi anda yang masih pemula. Dengan mengetahui dimana anda
mempublikasikannya akan mempengaruhi cara anda dalam menulis iklan. Ketahui
batasan ruang seperti berapa kata yang dibutuhkan, berapa besar ukuran font,
apakah bisa digabungkan dengan grafik atau video, dan sebagainya. Anda bisa
menghubungi jasa pengetikan jika tidak pandai didalamnya. Apapun jenis iklan
yang ditulis, penulisan yang efektif adalah yang selalu berlaku. Jika anda
memiliki daerah untuk menulis iklan seluas sebagian atau bahkan satu halaman
penuh koran lokal, anda bisa menata tampilan dengan sedemikian rupa agar
terlihat bagus dan menarik di mata pembaca. Untuk iklan yang bersifat online, seperti facebook. Anda hanya dapat menulis dengan panjang kira-kira satu
kalimat saja. Apapun media yang anda gunakan, pastikan anda menulisnya dengan
singkat, padat, dan jelas. Yang perlu digarisbawahi bagi pemula adalah setiap
iklan sangat penting artinya. Jangan terlalu basa-basi untuk menulisnya.
b.
Rancang
iklan untuk target pasar
Pelanggan seperti apa
yang menjadi target anda? Apabila anda masih pemula, hal ini bisa membantu anda
mendapatkan hasil yang lebih optimal. Iklan yang baik harus sesuai dengan audiens dan konsumen mana yang ditargetkan. Harapannya agar semua
orang yang membaca dan melihat iklan anda tertarik untuk membeli produk yang
anda tawarkan. Gunakan bahasa yang menarik. Penting untuk menulis dengan hati agar
meningkatkan kemungkinan orang-orang yang berpotensi bisa menjadi pelanggan
setia. Gaya bahasa harus sesuai dengan usia target konsumen. Apabila target
pasar adalah anak kecil dan remaja maka gunakan bahasa informal. Namun apabila
target pasar adalah orang dewasa maka gunakan bahasa yang baku/formal, tetapi
tetap jangan terlalu kaku karena konsumen ingin dirinya merasa diterima dan
dipahami. Sebagai contoh sederhana adalah jika anda menjual produk dengan anak
muda (remaja) sebagai target pasar anda, katakan saja anda menjual jenis permen
baru yang membuat mulut mereka terasa segar dan wangi sehingga mereka tidak
akan malu karena bau mulut. Untuk kasus ini anda alternatifkan kalimat-kalimat
formal dengan kalimat yang cenderung lebih gaul. Dengan demikian mereka akan
merasa bahwa produk anda dibuat untuk mereka sehingga kemungkinan mereka untuk
membeli permen tersebut akan meningkat.
c.
Judul/kalimat
utama yang menarik
Judul/kalimat utama
merupakan syarat penting agar konsumen tertarik untuk tetap memperhatikan. Pikirkan
judul yang sangat menarik sehingga orang membaca dan memperhatikannya. Apabila
judul tidak jelas dan sulit untuk dipahami, maka konsumen tidak akan mau
meluangkan waktu untuk membacanya. Judul yang ditulis bisa menjadi sesuatu yang
mengejutkan, aneh dan menarik. Misalnya menulis suatu penawaran atau diskon
dalam jasa pengetikan yang sayang untuk dilewatkan. Pastikan judul/kalimat
pemula ini dapat membuat sang pembaca antusias dan tertarik untuk membaca atau
memperhatikan produk yang anda tawarkan sampai selesai.
d.
Hindari
memulai dengan pertanyaan
Jika anda melontarkan
pertanyaan yang kreatif dan mengundang antusiasme konsumen, maka lakukanlah.
Namun jangan menggunakan kalimat pemula dengan bobot standar seperti “Apakah
anda membutuhkan jasa pengetikan cepat?” di bagian kalimat pemulaan. Konsumen
telah banyak mendapatkan pertanyaan serupa dan mereka lelah ditanya seperti
itu. Ini perlu diperhatikan bagi pemula di dunia pemasaran, temukan cara
kreatif untuk memberitahu konsumen bahwa anda mempunyai apa yang mereka
butuhkan. Buatlah kalimat yang terdengar alami. Cobalah membuat pemulaan
senatural mungkin dan tulislah seolah-olah anda mengatakannya kepada orang lain
secara langsung. Konsumen biasanya lebih tertarik dengan gaya bahasa penulisan
yang alami. Anda harus menggali kreativitas anda lebih dalam lagi untuk
menyampaikan bahwa anda memiliki solusi yang orang-orang butuhkan, tanpa perlu
menanyakan pertanyaan yang sudah jelas jawabannya.
e.
Tulis
kalimat jembatan agar orang-orang terus membaca
Kalimat utama anda
harus diikuti kalimat jembatan (yang menghubungkan judul dengan isi iklan) yang
singkat namun mampu meninggalkan kesan produk dan perusahaan anda dalam pikiran
pembaca. Setelah anda menuliskan kalimat pemula yang misterius, mengejutkan
atau emosional, kalimat tersebut harus diikuti dengan sesuatu yang substantif.
jika tidak maka kalimat utama anda hanya akan dianggap sebagai bualan yang
tidak bermakna. Bagi pemula yang perlu diingat adalah bahwa setiap kata sangat
berarti. Kalimat jembatan yang anda gunakan harus tidak kalah menarik dengan
judul atau kalimat utama anda. Jika tidak, maka akan terdapat kemungkinan
dimana para pembaca merasa bosan sebelum selesai membaca produk yang anda
tawarkan hingga akhir.
f.
Pesan
yang difokuskan untuk konsumen
Ini bisa menjadi boomerang bagi pemula yang baru di dunia
pemasaran. Dalam artian ketika menulis iklan, bayangkan seolah sedang menulis
surat untuk teman lama. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah sebuah
pertanyaan “Apa yang harus saya katakan untuk teman-teman saya mengenai jasa
pengetikan ini?” atau “Bagaimana meyakinkan teman saya agar memakai jasa
pengetikan ini?”. Tidak hanya itu, pesan yang difokuskan bisa juga manfaat
produk yang dipasarkan, seperti “Apa manfaat jasa pengetikan ini bagi
konsumen?”. Yang perlu diperhatikan adalah konsumen lebih membutuhkan manfaat,
keunggulan dan solusi dari produk yang ditawarkan, bukan rincian fungsional
produk. Misalkan keunggulan komputer merek terbaru yang cocok digunakan oleh
jasa pengetikan terutama bagi pemula yang belum ahli dibidangnya.
g.
Libatkan
emosi mereka
Penting digarisbawahi
untuk pemula, maksudnya adalah buat orang-orang menginginkan produk anda.
Sebelum mempengaruhi konsumen agar membeli produk yang ditawarkan, lebih
penting untuk masuk ke dalam emosi mereka. Namun yang perlu diingat adalah
meskipun keputusan pembelian mereka didasarkan pada emosi mereka, mereka
kemudian juga akan membenarkannya dengan logika. Jadi pastikan untuk
membenarkan argumen emosional anda dengan argumen logis di akhir proses penjualan.
Kata-kata bernuansa nostalgia bisa memberikan daya tarik tersendiri dan
menyentuh hati orang-orang yang membacanya. Misalkan, “Kami menyediakan kopi
terbaik untuk anda dengan memasaknya menggunakan arang pilihan, agar aroma khas
kopi sejak 1900 tetap melekat”. Selain itu kata-kata yang berhubungan dengan
kesehatan orang-orang juga bekerja dengan sangat baik. Misalkan, “Untuk setiap
batang rokok yang anda bakar, anda membakar sisa hidup anda, biarkan kami
membantu anda memadamkan api tersebut”. Jangan lupa untuk mencatumkan nama
perusahaan dan produk atau jasa yang anda di dalam iklan.
h.
Tambahkan
bukti testimoni pelanggan
Tidak dapat dipungkiri
bahwa konsumen akan lebih tergoda untuk membeli suatu produk ketika melihat
testimoni pelanggan yang puas. Dalam periklanan di media elektonik, pastikan
untuk menambahkan nama lengkap dan alamat mereka agar lebih dipercaya.
Testimoni juga dibuat agar lebih menarik, bagi anda yang masih pemula mengedit
penempatan testimoni bisa menghubungi jasa pengetikan. Meskipun bisnis anda
masih dalam kategori pemula, untuk bukti testimoni ini tetap perlu dilakukan.
i.
Berikan
informasi tentang cara mendapatkan produk yang anda tawarkan
Beritahukan para
pembaca tentang apa yang harus mereka lakukan di akhir iklan. Dengan begitu, anda
akan mempermudah mereka untuk membeli produk anda atau setidaknya
bertanya-tanya terlebih dahulu tentang produk tersebut kepada pihak anda.
Biasanya, informasi seperti ini disampaikan secara langsung, misalkan “Bagi
anda yang masih pemula, hubungi 1234-5678 untuk informasi lebih lanjut mengenai
jasa pengetikan ini”. Anda juga bisa menuliskan laman anda, sehingga
orang-orang bisa mengunjunginya untuk membeli produk anda.
Sekarang anda tahu cara menulis iklan.
Alasan masih tahap pemula tidaklah dibenarkan. Selamat mencoba!
JASA PENGETIKAN ANDI, 08563301046 (WHATSAPP/SMS)
BUKAN HANYA BISA COD BAHAN KETIK, KITA JUGA BISA BERTUKAR INFORMASI BAHAN MELALUI WHATSAPP/EMAIL SAJA. JADI, BUKAN HALANGAN BUAT KAMU YANG GAK ADA DI LOKASI KAMI. USAHA KAMI BARTER KEPERCAYAAN, KAMU GAK PERCAYA KITA?? BOLEH CARI YANG LAIN......
JASA PENGETIKAN ANDI, 08563301046 (WHATSAPP/SMS)
BUKAN HANYA BISA COD BAHAN KETIK, KITA JUGA BISA BERTUKAR INFORMASI BAHAN MELALUI WHATSAPP/EMAIL SAJA. JADI, BUKAN HALANGAN BUAT KAMU YANG GAK ADA DI LOKASI KAMI. USAHA KAMI BARTER KEPERCAYAAN, KAMU GAK PERCAYA KITA?? BOLEH CARI YANG LAIN......
Komentar
Posting Komentar